Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Resource Based Learning dalam Pembelajaran di SD Negeri 52 Kota Bengkulu

  • Ahmad Suradi IAIN Bengkulu

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dalam pembelajaran di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yakni proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dan upaya memecahkannya dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari tindakan tersebut.Dalam  penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari uraian berikut yaitu proses kegiatan aktivitas belajar siswa terlihat meningkat dari setiap siklusnya.

Published
2020-09-03
How to Cite
Suradi, A. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Resource Based Learning dalam Pembelajaran di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1-10. https://doi.org/10.30653/003.202062.120
Section
Articles