Permainan Tengball Untuk Meningkatkan Motorik Siswa: Inovasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan motorik bagi siswa sekolah dasar sangat penting untuk melakukan aktivitas dan melatih kemampuan akademik. Media permainan tengball merupalan saah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motorik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media permainan tengball untuk meningkatkan motorik siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan bahan, desain produk, pembuatan produk, validasi oleh ahli materi dan ahli media, revisi produk, produk akhir, serta uji coba. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sukodono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tengball ini dikategorikan valid, praktis, dan efektif. Secara keseluruhan media permainan tengball ini telah dinyatakan layak digunakan sebagai media pengenalan olahraga tradisional untuk siswa sekolah dasar.
References
Arlinkasari, F., Cushing, D. F., & Miller, E. (2020). ‘Forget Your Gadget, Let’s Play Outside!’: Traditional Play in Jakarta, Indonesia. In Making Smart Cities More Playable (pp. 319-352). Springer, Singapore.
Artobatama, I. (2018). Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40-47.
Canli, U. (2019). Effects of Neuromuscular Training on Motoric and Selected Basketball Skills in Pre-Pubescent Basketball Players. Universal Journal of Educational Research, 7(1), 16-23.
Carson, H. J., & Collins, D. (2016). The fourth dimension: A motoric perspective on the anxiety–performance relationship. International Review of Sport and Exercise Psychology, 9(1), 1-21.
Chittaro, L. (2015). Designing serious games for safety education:“Learn to brace” versus traditional pictorials for aircraft passengers. IEEE transactions on visualization and computer graphics, 22(5), 1527-1539.
Dubnewick, M., Hopper, T., Spence, J. C., & McHugh, T. L. F. (2018). “There’sa cultural pride through our games”: Enhancing the sport experiences of Indigenous youth in Canada through participation in traditional games. Journal of Sport and Social Issues, 42(4), 207-226.
Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca.
Huber, B., Highfield, K., & Kaufman, J. (2018). Detailing the digital experience: Parent reports of children's media use in the home learning environment. British Journal of Educational Technology, 49(5), 821-833.
Ismoko, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan, 2(1), 146-154.
Landers, R. N. (2019). Gamification misunderstood: How badly executed and rhetorical gamification obscures its transformative potential. Journal of Management inquiry, 28(2), 137-140.
Marlini, C. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Tunas Bangsa Journal, 6(2), 277-289.
Murdoko, E. W. H. (2017). Parenting With Leadership Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Elex Media Komputindo.
Novianto, A. W. (2018). Penerapan Permainan Tradisional (Benteng) dalam Pembentukan Karakter Anak di Desa Yosodadi Metro Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Pratiwi, A. B. (2020). Permainan tradisional engrang dari Provinsi Banten dan pembentukan karakter menghargai prestasi peserta didik MI/SD di Indonesia. MADROSATUNA, 3(1), 13-28.
Purnamasari, Y. (2020, July). Improving Gross Motoric Skill of Early Childhood Through Dance Arts Learning. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019) (pp. 189-192). Atlantis Press.
Reich, J. A. (2020). Vaccine refusal and pharmaceutical acquiescence: parental control and ambivalence in managing children’s health. American Sociological Review, 85(1), 106-127.
Setiawan, D. K., & Muhammad, H. N. (2017). Survei Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Tahun Ajaran 2014-2015 (Studi Pada Siswa Kelas IV, V, VI SDN Kutorejo II Kertosono). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(1).
Shimon, J. M. (2019). Introduction to teaching physical education: Principles and strategies. Human Kinetics, Incorporated.
Yono, T. (2020, March). Traditional Sport: Student’s Perception on the Importance to Continue It. In 1st Unimed International Conference on Sport Science (UnICoSS 2019) (pp. 75-76). Atlantis Press.
Wendel, S. (2020). Designing for behavior change: Applying psychology and behavioral economics. " O'Reilly Media, Inc.".
Copyright (c) 2020 Mohammad Syamsul Arifin, Harwanto, Luqmanul Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.