Evaluasi Diri Gaya Kepemimpinan dalam Keberhasilan Sistem Pendidikan

(Studi Kasus pada Sekolah Swasta dan Negeri di Kabupaten Subang)

  • Oding Supriadi Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: : Evaluasi diri, Gaya kepemimpinan, Sistem Pendidikan

Abstract

Tujuan utama dari penenelitian ini yaitu memberikan informasi bagaimana kondisi seorang pemimpin pada sekolah swasta dalam menjalankan tugasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, dengan total responden sebanyak 60 orang yang terdiri dari 15 orang kepala sekolah dasar (SD) negeri, 15 orang kepala SD swasta, 15 orang kepala sekolah menengah pertama (SMP) negeri, dan 15 orang kepala SMP swasta. Adapun lokasi penelitiannya di kabupaten Subang yang tersebar di 20 kecamatan. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa gaya kepemimpinan seseorang di sekolah swasta pada umumnya berbeda dengan di sekolah negeri. Hal ini disebabkan adanya rasa memiliki (sense of belonging) yang timbul dari seorang pemimpin. Ukuran rasa memiliki seorang kepala sekolah swasta lebih besar dibandingkan dengan seorang kepala sekolah negeri.

References

Anderman, L. H. (2003). Academic and social perceptions as predictors of chage
in middle school students sense of school belonging. Journal of
Experimental Education, 72, 5-22.

Baumeister, R., dan Leary, M. (1995). The need to belong: Desire for interpersonal
attachments as fundamental human motivation. Psychological
Bulletin, 117(3), 497-529.

Capps, M. A. (2003). Characteristics of a sense of belonging and its relationship
to academic achievement of students in selected middle schools in
region IV and VI educational service centers, Texas. A Dissertation.

Hasbullah. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Refika Aditama

McMillan, D. W., dan Chavis, D. W. (1986). Sense of community: A definition and
theory. Journal of Community Psychology, 14, 6-23.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreati dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Osterman, K. F. (2000). Student’s for belonging in the school community. Riview
of Educational Research, 70(3), 323-367.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Stufflebeam, D. L., dan Shinkfield. A. J. (1985). Systematic Evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing.
Published
2020-09-03
How to Cite
Supriadi, O. (2020). Evaluasi Diri Gaya Kepemimpinan dalam Keberhasilan Sistem Pendidikan. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 19-26. https://doi.org/10.30653/003.202062.122
Section
Articles