Penggunaan Pembelajaran Model Stad Untuk Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pemahaman Hak Asasi Manusia Pada Siswa Kelas X IPS 2 Di SMAN 8 Pandeglang

  • Kustoro Kustoro SMA Negeri 8 Pandeglang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar
siswa dalam proses pembelajaran Hak Asasi Manusia melalui model pembelajaran
STAD.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 3 siklus, dengan 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada 29
siswa, kelas X IPS 2 SMA Negeri 8 Pandeglang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Ketuntasan hasil belajar PPKN pada ranah kognitif siswa kelas X IPS
SMA Negeri 8 Pandeglang tahun Pelajaran 2015/2016 sebelum penelitian sebesar
14% dan rata-rata hasil belajarnya 47. Setelah dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement
Development) terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar pada ranah kognitif
siklus II dan III yaitu dari 41% menjadi 48% dan rata-rata hasil belajarnya
meningkat dari 66 menjadi 75.
Keaktifan siswa meningkat dari siklus I, II dan III yaitu 14, 22 dan 34 dari
skor maksimal 48 dengan persentase keaktifan 29%, 46% dan 71% .Berdasarkan
hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model STAD dapat
meningkatkan hasil belajar PPKN dan aktivitas siswa dalam proses belajar
mengajar Hak Asasi Manusia di SMA Negeri 8 Pandeglang.

Published
2020-09-03
How to Cite
Kustoro, K. (2020). Penggunaan Pembelajaran Model Stad Untuk Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pemahaman Hak Asasi Manusia Pada Siswa Kelas X IPS 2 Di SMAN 8 Pandeglang. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 37-42. https://doi.org/10.30653/003.202062.123
Section
Articles