Revitalisasi SMK Menuju Tuntutan Keterampilan Abad 21

  • Ade Firdaus SMKN2 Pandeglang

Abstract

Jurnal ini  bertujuan untuk mengetahui:1. Strategi Pemenuhan Sarana dan Prasarana SMKN 2 Pandeglang. 2. Startegi Tingginya minat Siswa lulusan SMP untuk melanjutkan ke SMKN 2 Pandeglang.3.Tingginya Disiplin Siswa dan Siswi SMKN 2 Pandeglang. 4. Tingginya Daya Serap Lulusan Ke DU/DI. 5. Kualitas Sumber Daya Manusia yang tinggi. 6. Terpenuhinya tuntutan keterampilan Abad 21

Jumlah sampel yang mengikuti Penelitian  ini sebanyak10 orang peserta didik kelas XI, dan 5 Orang Tenaga Pendidik. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini selama 2 jampada tanggal 25 Maret 2019dengan menggunakan Penelitian Deskriptif dengan metode Survey.

Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa:

  1. Strategi FOCUS sangat tepat dalam Sarana dan Prasarana Pembelajaran ini dilihat dari hasil ada 5 orang Pendidik yang diambil sampel dan 10 orang Peserta didik  menjawab di skala 5, itu artinya Sarana dan Prasarana di SMKN 2 pandeglang terpenuhi untuk menuju SMK Revitalisasi.
  2. Strategi FOCUS sangat tepat dalam Minat siswa lulusan SMP untuk melanjutkan ke SMKN 2 Pandeglang Tinggi  ini dilihat dari hasil ada 5 orang Pendidik yang diambil sampel dan 10 orang Peserta didik  menjawab di skala 5, itu artinya Minat siswa lulusan SMP  untuk melanjutkan ke SMKN 2 Pandeglang Tinggi ke SMKN 2 pandeglang terpenuhi untuk menuju SMK Revitalisasi.
  3. Strategi FOCUS sangat tepat dalam Kedisiplinan Tinggi ini dilihat dari hasil ada 5 orang Pendidik yang diambil sampel dan 10 orang Peserta didik  menjawab di skala 5, itu artinya Kedisiplinan Tinggi terpenuhi untuk menuju SMK Revitalisasi.
  4. Strategi FOCUS sangat tepat dalam Daya serap lulusan Tinggi ini dilihat dari hasil ada 9 orang Peserta didik  menjawab di skala 5, itu artinya Daya serap lulusan Tinggi terpenuhi untuk menuju SMK Revitalisasi.
  5. Strategi FOCUS sangat tepat dalam Kualitas Sumber Daya Manusia Tinggi  ini dilihat dari hasil ada 5 orang Pendidik yang diambil sampel dan 10 orang Peserta didik  menjawab di skala 5, itu artinya Kualitas Sumber Daya  Manusia Tinggi  terpenuhi untuk menuju SMK Revitalisasi.
  6. Strategi yang diambil oleh penulis merupakan strategi yg tepat untuk menjawab tuntutan keterampilan Abad 21, karna dengan focus SMKN 2 Pandeglang bisa mencapai Sekolah Revitalisasi Nasional

References

Fitri Rayani Siregar: 2017.Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak
Idha Handayani. 2011. Pengaruh Intelligent Quoitent(IQ) dan Kemampuan Tilikan Ruang Terhadap Kemampuan Menggambar Teknik Siswa,Jurnal

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran: 2018
Naskah Publikasi Umi Hasanah : 2014
Sampun Hadam,drs,MM, 2018. 10 Langkah Revitalisasi SMK. DitPSMK
Published
2020-09-16
How to Cite
Firdaus, A. (2020). Revitalisasi SMK Menuju Tuntutan Keterampilan Abad 21. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 51-60. https://doi.org/10.30653/003.202062.126
Section
Articles