Implementasi Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu di SLDB Karya Mulya II Surabaya

  • Lutfi Isni Badiah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPA bagi siswa tunarungu kelas I di SDLB Karya Mulia II Surabaya ditinjau pada aspek pelaksanaan, penggunaan strategi pembelajaran, dan pemanfaatan media pembelajarannya. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas dan siswa tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan pengumpulan dan telaah data, reduksi data, penyajian data secara deskriptif, verifikasi data, dan yang terakhir adalah pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas I SDLB Karya Mulia II Surabaya sudah baik. Guru saat akan memulai pelajaran dengan mempersiapkan siswa baik dari segi fisik, alat tulis dan materi pembelajaran sesuai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu kurikulum 2013. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA adalah selalu mengaitkan materi IPA dengan pengalaman sehari–hari, dan mengunakan bahasa yang mudah dipahami siswa (bahasa isyarat, bahasa bibir, bahasa tulis). Guru juga menggunakan pendekatan/strategi pembelajaran yang runtut. Guru juga menggunakan metode bermain. Guru selalu menggunakan media pembelajaran agar siswa tunarungu mudah memahami materi IPA. Guru juga menggunakan media teknologi, seperti misalnya laptop, LCD Proyektor dan lain-lain. Penggunaan teknologi ini sangat membantu guru menjelaskan materi yang abstrak.

References

Darso, D. (2017). Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. Innovation of Vocational Technology Education, 7(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v7i2.6290
Dewantara, R., & Susetyo, B. (2018). Bentuk Evaluasi Pembelajaran Anak Tunarungu di Sekolah Dasar Inklusif. JASSI_anakku, 19(2).
Fajrianto, R., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VIII SMPLB Tunarungu Dengan Materi “ Memahami Sistem Dalam Tubuh Manusia.” Jurnal Teknik POMITS, 1(1), 4.
Nurhasanah, A., & Supardi, Z. A. I. (2014). Pemanfaatan Media Visualisasi Phet Simulations sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Tunarungu pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 6.
Nuriska, O. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Peserta Didik Dengan Gangguan Pendengaran (Tunarungu) di SMPLB-B Karya Ibu Palembang [Universitas Sriwijaya]. https://repository.unsri.ac.id/32418/
Permatasari, K., Degeng, I. N., & Adi, E. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p268
Rahma, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Gaya Pada Anak Tunarungu Kelas IV di Sekolah Berkebutuhan Khusus Tunas Kasih Surabaya. MODELING Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 7.
Wardi, W. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pemberian Apersespi, Motivasi, Demonstrasi, dan Penggunaan Alat Peraga Pelajaran IPA Kelas IV. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1).
Published
2021-01-08
How to Cite
Badiah, L. (2021). Implementasi Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu di SLDB Karya Mulya II Surabaya. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1). Retrieved from http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/144
Section
Articles