Implementasi Model Pembelajaran Keterampilan Tendangan Pencak Silat Untuk Anak SMA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran pencak silat untuk usia SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall antara lain: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); (4) ujicoba utama (field testing), (5) Uji efektifitas model. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh rata-rata keterampilan tendangan pencak silat siswa sebesar 42,23, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model keterampilan tendangan pencak silat diperoleh rata-rata kemampuan keterampilan pencak silat siswa sebesar 85,80. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran keterampilan tendangan pencak silat untuk siswa SMA dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Kata Kunci: pengembagan, model, pencak silat
ABSTRACT
The purpose of this research and development is to produce pencak silat learning models for high school age. This study uses Research & Development (R & D) development research methods from Borg and Gall, among others: (1) needs analysis, (2) expert evaluation (initial product evaluation); (3) limited testing (small group trials); (4) main testing (field testing), (5) Test the effectiveness of the model. From the preliminary tests conducted, it was found that the average students' pencak silat kick skills were 42.23, then after being given treatment in the form of a pencak silat kick skills model, the average skills of pencak silat students were obtained at 85.80. Based on the results of the development it can be concluded that the learning model of pencak silat kick skills for high school students can be developed and applied in physical education learning in schools.
References
Genel, Wilkinson. 1980. Media Dalam Pembelajaran: Penelitian Selama 60 Tahun. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali. Hariyadi, Kotot Slamet. 2009. Teknik Dasar Pencak Silat. Jakarta: Dian Rakyat.
Hariyanto, Suryono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kemenagpora. 2011. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005: Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Indonesia: Kemenagpora. Lesmana, Ferry. 2012. Panduan Pencak Silat. Yogyakarta: Zanafa Publishing. Lubis. 2014a. Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Akis Mayanto. Model Pembelajaran Keterampilan Tendanga Kualitas Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam, UPI: Bandung. Suara Merdeka, 1 Oktober 2010 (Berita)
Mar' at. (1984) Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Bandung: Ghalia Indonesia
Lubis, Johansyah. 2014b. Pencak Silat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka. Naharsari, Nur Dyah. 2008. Olahraga Pencak Silat. Jakarta: Ganaxa Exat.
Nara, Evelin Siregar, and Hartini. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Pribadi, Benny A. 2010. Pribadi.Pdf. Jakarta: Dian Rakyat. Putra, Nusa. 2011. Putra.Pdf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Setyosari, Punaji. 2013. Setyosari, Punaji. Jakarta: Prenada Media Group. Sihkabuden, Punaji Setyosari. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas. Sugiyono. 2013. Sugiyono.Pdf. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Sukmadinata.Pdf. Bandung: Rosdakarya. Tangkudung, James. 2013. Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Cerdas Jaya.
Tite, Juliantine. 2013. Model-Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Bintang Warli Artika.
Winarno. 2011. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.
Zain, Syaiful Bahri D, and Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Copyright (c) 2021 war jono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.