Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantu QR Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Perkembangan bidang teknologi informasi dan komunikasi berdampak besar pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Hal ini memberikan peluang unik bagi orang yang dapat menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang. Dengan menyediakan sumber belajar yang tepat, efektivitas dan efisiensi serta daya tarik yang telah terbukti berdampak positif terhadap minat belajar siswa dan mencapai tujuan pendidikan dengan peluang lebih besar.model pembelajaran yang sesuai dengan menggunakan QR Code dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang memenuhi persyaratan sesuai dengan kurikulum yang sedang digunakan. Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang siswa untuk belajar. Penelitian ini dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen.hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem based learning (PBL) berbantu QR Code menggalami peningkatan dalam prestasi belajar. Hasil belajar dengan menggunakan kombinasi PBL dan QR Code bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik serta efektifitas dalam pelaksanaan proses pembelajaran dapat dimaksimalkan sesuai dengan kurikulum yang digunakan dan memberikan efek yang cukup dominan didalam proses pembelajaran bagi peserta didik itu sendiri dimana dalam prosesnya menjadi bisa lebih aktif dalam diskusi dikelas.
References
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 2(2), 261–267. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88-100. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/70
BPSDMPK, PMP, & Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemdikbud.
Gallagher, C.A. 2000. An Iterative Approach To Classification Analysis. www.casact.org/library/ratemaking/90dp237.pdf.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia
Iswan dan Herwina. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR. 4.0. Makalah dipresentasikan Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/275
Kintoko,. Sujadi, I., & Dewi, R. S. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Lectora Authoring Tools pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 167-178. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/5728
Marzoan. (2014). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 81–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2108
Mustakim, S., Walanda, D. K., & Gonggo, S. T. (2013). Penggunaan Qr Code dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur pada Kelas X SMA Labschool Untad. Jurnal Untad, 2 (2), 215–221. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/7772
Sharma, V. (2013). QR Codes in Education – A Study on Innovative Approach in Classroom Teaching. IOSR Journal of Research & Method in Education. https://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-3%20Issue-1/L0316270.pdf
Wayase, U. R. (2015). QR Code : An Innovative Teaching Learning Tool. International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, 2(7), 402–405. http://ijiset.com/vol2/v2s7/IJISET_V2_I6_51.pdf
Copyright (c) 2022 Eka Rosdianwinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.