Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Menggunakan Praktikum Aplikatif Berbasis Life Skill
Abstract
Mutu pendidikan dapat ditingkatkan melalui salah satu alternatif pemanfaatan model pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) menggunakan praktikum aplikatif berbasis kecakapan hidup. Hasil analisis data yang diperoleh setelah dilakukan tindakan pada kelas XII IPA 1 SMA Negeri 11 Pandeglang adalah sebagai berikut; rata-rata hasil belajar siklus I adalah 56,00 pada siklus II 67,74 dan siklus III adalah 77,66 dengan prosentase ketuntasan pada siklus I yaitu 8,57% (3 dari 35 siswa) telah tuntas, siklus II yaitu 57,14% (20 dari 35 siswa) telah tuntas dan siklus III yaitu 91,14% (32 dari 35 siswa telah tuntas). Tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan praktikum siklus I sebesar 43,45% , pada siklus II sebesar 66,67% sedangkan pada siklus III sebesar 83,33%. Hal ini dapat diartikan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasi CEP menggunakan praktikum aplikatif berbasis life skill pada pelajaran kimia materi reaksi redoks dan elektrokimia dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar kimia, dimana siswa memiliki life skill sebagai modal dasar untuk berwirausaha dalam bidang kimia (Chemoentrepreneurship), suatu upaya antisipasi jika siswa tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
References
Antony, J. N. (1996). Educational Assesment of Student. New Jersey: Prentice Hall inc.
Arikunto, S. (2004). Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, A. (2003) Analisis Ketrampilan Berkomunikasi Siswa SMU Kelas 2 Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Melalui Metode Praktikum. Skripsi: UPI.
Supartono. (2006). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrpreuneurship (CEP), usulan Research Grant-Program Hibah A2. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Syah, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slavin, R. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.
Copyright (c) 2016 Tisna Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.