Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMP

  • Marjuki Marjuki SMP Negeri 3 Sumur, Pandeglang
Keywords: Keaktifan, Menulis Cerpen, Mind Mapping

Abstract

Mutu dan kualitas pembelajaran di kelas dapat ditingkatkan melalui salah satu alternatif pemanfaatan model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis cerpen siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Hasil analisis data yang diperoleh setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Terdapat peningkatan keaktifan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hal ini dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I ke siklus dua mengalami peningkatan kategori. Pada siklus II, dua aspek kualifikasi tinggi dan enam aspek kualifikasi sangat tinggi. Penerapan model pemetaan pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dengan kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yakni nilai rata-rata 57,5. Kemampuan itu meningkat secara bertahap dari rata-rata 66,3 di siklus I ke rata-rata 77,2 pada siklus II.

References

Ahmadi, A., & Widodo, S. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amna, M. (2004). Pembelajaran Menulis Integratif dan Komunikatif. Yogyakarta: Cahaya Timur Offset.

Amstrong, T. (2009). The Whole-Brain Solution (alih bahasa oleh Nien Bakdisoemanto). Jakarta: Grasindo.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azies, F., & Alwasilah, C. (2000). Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Browne, M. T. (2008). 5 Aturan Pikiran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, T., & Barry, B. (2004). Memahami Peta Pikiran. (Alih bahasa oleh Alexander Sindoro & Suyoto Bakir). Jakarta: Interaksara.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map untuk Anak. (Alih bahasa oleh Susi Purwoko). Jakarta: Gramedia.

MacGregor, S. (2006). Piece of Mind, Mengefektifkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar Untuk Mencapai Tujuan. (Alih bahasa oleh Yudi Sujana). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Olivia, F. (2009). Gembira Relajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Gramedia.

Rooijakkers, A. (2008). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Graznido.

Said, T. (2000). Meningkatkan Daya Khayal Anak. Buletin Pusat Perbukuan. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Shichida, M. (2009). The Mystery of the Right Brain. (Alih bahasa oleh Femi Olifia). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Windura, S. (2008). Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia.
Published
2016-04-04
How to Cite
Marjuki, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMP. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 9-19. https://doi.org/10.30653/003.201621.27
Section
Articles