Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA

  • Miftahul Jannah STKIP YPM Bangko, Jambi
  • Ade Susanti STKIP YPM Bangko, Jambi
  • Benni Benni STKIP YPM Bangko, Jambi
Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketidak jelasan hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar yang didapatkan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa sehingga dapat memberikan informasi faktual tentang bagaimana sebenarnya hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Tanah Sepenggal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Muaro Bungo yang berjumlah 126 orang dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Dalam pengumpulan data digunakan angket model Skala Likert untuk variabel kecerdasan emosional dan dokumentasi untuk variabel prestasi belajar matematika siswa. Setelah angket penelitian siap, angket tersebut kemudian diberikan kepada siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian dengan korelasi Kendall Tau menunjukkan nilai koefisien korelasi variabel X terhadap Y sebesar 0,54. Dengan tingkat signifikansi menggunakan uji Z, diketahui Zhitung = 4,77 dan Z tabel sebesar = 1,960 atau 4,77 > 1,960. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal.

References

Erman, S. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Munandar, U. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurfidyatin, I. (2010). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II MTs Negeri Tembelang Jombang. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang: Tidak Diterbitkan.

Purwanto, N. (2008). Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2006). Belajar mudah penelitian untuk guru karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2016-04-06
How to Cite
Jannah, M., Susanti, A., & Benni, B. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 29-35. https://doi.org/10.30653/003.201621.29
Section
Articles