Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran pair check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen dengan cara membandingkan hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Eksperimen ini didesain menggunakan model Posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A 34 orang dan VIII B sebanyak 33 orang. Jumlah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Turus-Patia sebanyak 67 orang. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 38,3 dan kelas kontrol 32,7 sehingga diperoleh thitung = 1,81 dengan taraf signifikan = 0.05 diperoleh nilai ttabel= 1,67 maka diperoleh thitung˃ ttabel. Dengan demikian hipotesis penelitian yang penulis rumuskan dapat diterima artinya “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia Tahun Pelajaran 2015/2016.”
References
Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Danasasmita, W. (2008). Model-Model Pembelajaran Alternatif. Bandung: UPI.
Hamalik, O. (2014). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan PendekatanSistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendriana, H., & Utari, S. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Adiatama.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya Press.
Karso, dkk. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Komara, S. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Kuasi Eksperimen di MTs Negeri 22 Jakarta Timur. (Skripsi). UIN Jakarta.
Lestari, R., & Linuwih, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Social Skill Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2), 190-194.
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.
Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contectual Teaching and Learning (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Edisi Revisi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2016 Susti Rahmah Yulita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.