Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs

  • Susti Rahmah Yulita Universitas Mathla'ul Anwar Banten
Keywords: Model Pembelajaran Pair Check, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran pair check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen dengan cara membandingkan hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Eksperimen ini didesain menggunakan model Posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A 34 orang dan VIII B sebanyak 33 orang. Jumlah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Turus-Patia sebanyak 67 orang. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 38,3 dan kelas kontrol 32,7 sehingga diperoleh thitung = 1,81 dengan taraf signifikan = 0.05 diperoleh nilai ttabel= 1,67 maka diperoleh thitung˃ ttabel. Dengan demikian hipotesis penelitian yang penulis rumuskan dapat diterima artinya “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia Tahun Pelajaran 2015/2016.”

References

Abdurrahman, M., & Bintoro. (2000). Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar: Panduan Guru. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Danasasmita, W. (2008). Model-Model Pembelajaran Alternatif. Bandung: UPI.

Hamalik, O. (2014). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan PendekatanSistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriana, H., & Utari, S. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Adiatama.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya Press.

Karso, dkk. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Komara, S. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Kuasi Eksperimen di MTs Negeri 22 Jakarta Timur. (Skripsi). UIN Jakarta.

Lestari, R., & Linuwih, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Social Skill Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2), 190-194.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contectual Teaching and Learning (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Edisi Revisi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2016-04-06
How to Cite
Yulita, S. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 36-44. https://doi.org/10.30653/003.201621.30
Section
Articles