Penerapan Model Konsiderasi dan Pembentukan Rasional dalam Pembelajaran
Abstract
Pembelajaran afektif berbeda dengan pembelajaran kognitif dan psikomotor, karena pembelajaran afektif bersifat subjektif, mudah berubah dan tidak memiliki materi khusus. Secara konseptual maupun empirik diyakini aspek afektif memegang peranan yang sangat penting terhadap tingkat kesuksesan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai Model Pembelajaran Konsiderasi dan Model Pembelajaran Pembentukan Rasional dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada penerapan Model Pembelajaran Konsiderasi dan Pembentukan Rasional dalam proses pembelajaran, Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Lewin yang ditafsirkan oleh Kemmis. Hasil penelitian yaitu setiap mahasiswa memiliki jawaban dan kesan tersendiri terhadap Model Pembelajaran Konsiderasi dan Pembentukan Rasional, sehingga diharapkan mahasiswa dapat menganalisis dari berbagai sudut pandang dan memiliki kematangan berpikir apabila menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan mengambil keputusan sesuai dengan norma legal yang ada di masyarakat.
References
Hassan, F. (2016). Strategi Pembelajaran Afektif (Bermuatan Karakter). Available online at http://fuadhasansuccen.blogspot.co.id/2012/01/strategi-pembelajaran-afektif.html [Accessed 29 Maret 2016].
Madya, S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Masri, Z. (2012). Strategi Pembelajaran PAI. Available online at http://zainalmasrizaina.blogspot.co.id/2012/09/strategi-pembelajaran-afektif.html [Accessed 29 Maret 2016].
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2007). Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Jakarta: Kencana.
Sudrajat, A. (2008). Model Strategi Yang Afektif. Available online at http//Akhmadsudrajat.wordpress.com [Accessed 29 Maret 2016].
Wardhani, I. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriaatmadja, R. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2016 Veny Agustini Prianggita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.