Etika Guru dan Murid dalam Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali

  • Ijah Khadijah SMP Negeri 2 Kramatwatu, Serang
Keywords: Al-Ghazali, Etika, Pendidikan

Abstract

Manusia pada umumnya dalam mengatasi segala kelemahan yaitu dengan mempersiapkan generasi penerus melalui pendidikan dan pengajaran agama maupun ilmu duniawi baik secara formal maupun non formal. pendidikan hendaknya beroreantasi pada permasalahan yang ada di sekitar kita. Permasalahan yang penulis anggap sedang dihadapi saat ini yaitu merosotnya ethos dalam berhubungan social baik antar individu maupun antar kelompok, atau individu dengan kelompok.Etika merupakan mahkota yang sangat penting yang perlu kita junjung tinggi, pola hubungan antara guru dan peserta didik adalah sesuatu yang sangat vital. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Etika dipandang sebagai sesuatu yang sacral yang harus ada dan dimiliki oleh setiap orang, terutama etika guru dan murid. 2) Pemahaman etika guru dan murid dalam proses belajar mengajar menurut Al-Ghazali disimpulkan pada dasarnya pendidikan berintikan interaksi antara pendidik dan peserta didik. 3) Etika guru dan murid dapat dicerminkan dari sikap lembut dan kasih sayang guru bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

References

Abdullah, Abdul Rahman. 2002. Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut Qur’an Serta Implementasinya. Jakarta: Bintang Pelajar.

Al-Ghazali.1990. Ihya Ulumuddin Menuju Filsapat Ilmu dan Kesucian Hati di bidang ihsan-ihsan. Jakarta: Bintang Pelajar.

Al-Saibani. 1979. Filsapat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Annahlawi, Abdurrahman. 1996. Prinsip Pendidikan Islam. Bandung: Diponogoro.

Abdul Hamid, Fuad. 2001. Peran Islam Dalam Menciptakan Pendidikan yang Kondusif pada Era Milenium Ke-III. Bandung: Pustaka UPI.

Abdul Quasem, M. 1975. Etika Al-Ghazali. Bandung: Pustaka.

Athiyah Al-Abrasy, Moh. 1990. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Djama’an, dkk. 2006. Profesi Keguruan Tentang Pengertian dan Kode Etik.

Drazat, Zakkiayah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathiyah, 1993. Sistem Pendidikan Fersi Al-Ghazali. Bandung: Alma’arif.

IbnuRusn, Abidin. 1998. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

J. Moloeng, Lexi. 2000. Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nata, Abudin. 2000. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nata, Abudin. 2001. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru dan Murid. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Nata, Abudin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jogjakarta: Raja Grafindo Pustaka Pelajar.

NoerAly, Hery. 1999. Pendidikan Islam. Jogjakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

Rahman, 1995. Sistem Etika Islam (AkhlakMulia). Jakarta:Pustaka Panjimas.

Suria Sumantri, Jujun. 1995. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Tafsir, Ahmad. 1995. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. 2001. Teori-Teori Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penerjemah Depag RI. 1998. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta.

User Usman, Moh. 1999. Menjadi Profesional. Bandung:Rosdakarya.

Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Undang-Undang Guru danDosenTahun 2005.

Undang-Undang SISDIKNAS No 20 Tahun 2003.

Ya’kub, Hamzah. 1999. Islam Pembiasaan Akhlakul Karimah. Bandung: Diponegoro.

Ya’kub, Hamzah. 1996. Etika Islam. Bandung: Diponegoro.

Zuhairini dkk. 1991. Seluk Beluk Pemikiran Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2019-04-08
How to Cite
Khadijah, I. (2019). Etika Guru dan Murid dalam Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 89. https://doi.org/10.30653/003.201951.60