Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Pandeglang

  • Mumun Mumun SMA Negeri 8 Pandeglang
Keywords: Problem Solcing. Action Research

Abstract

Based on the observation, the problem solving abilities in class X is low. The average achievement score is 19.13 while the ideal average score that must be achieved is 30. Based on this, actions and efforts are needed so that students' problem solving abilities increase. This research method is a classroom action research with 3 cycles. The results of the study show that with the application of problem solving learning methods, problem solving skills of high school students in class X have been raised to 8 levels of improvement

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika untukSMA/MA. Jakarta : Depdiknas.
Dewi, R.M. (2005). Analisis Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Polya. Skripsi. Tasikmalaya : FKIP Unsil, tidak dipublikasikan.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud bekerjasama dengan Rineka Gipta.
Karso, dkk. (1993). Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta : Depdikbud.
Rahadiansyah, E. (2005). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah dalam Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Skripsi. Tasikmalaya : FKIP Unsil, tidak dipublikasikan.
Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis. Bandung : PPS UPI, tidak dipublikasikan.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung :
Tarsito.(2003), Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta
Lainnya. Semarang : UNNES Press.
Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sardinian, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Suherman, E, et.al. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : JICA UPI.
Sumarmo, U, et.al. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandung : FPMIPA UPI.
Susilawati, I. (2005). Penggunaan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi. Tasikmalaya : FKIP Unsil, tidak dipublikasikan.
Syah, M. (1999). Psikologi Belajar. Bandung :
Depag.. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tim MGMP Matematika. (2004). Penuntun Belajar Matematika SMA IB. Tasikmalaya.
Tim PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdikbud.
Wardani, Sri. (2002). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Laporan Penelitian. Tasikmalaya : tidak dipublikasikan.
Published
2019-04-01
How to Cite
Mumun, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Pandeglang. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 71-79. https://doi.org/10.30653/003.201951.69