Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Melakukan Pekerjaan Ektromekanik Dari Bahan Logam Siswa SMK Kelas X Program Keahlian Ketenagalistrikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik, pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan Kompetensi Dasar melakukan pekerjaan elektromekanik dari bahan logam di kelas X Program keahlian Teknik Ketenagalistrikan -1 SMK Negeri 2 Pandeglang. Penelitian ini melibatkan 35 orang peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dengan tes, pedoman observasi dan aktivitas peserta didik, dan di analisis secara naratif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pengamatan Pendahuluan, proses pembelajaran berlangsung cukup efektif, rata-rata aktivitas peserta didik 27,37 termasuk kategori kurang, dan pada Pengamatan Pendahuluan dengan ketuntasan 42,85% (15 orang peserta didik ) mencapai nilai KKM dan meningkat lebih efektif pada Pengamatan PendahuluanI dengan rata aktivitas peserta didik 50 termasuk kategori cukup dan pada Pengamatan PendahuluanI ketuntasan 71,42% (25 orang peserta didik) mencapai nilai KKM. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran dan aktivitas peserta didik mengalami perubahan ke arah positif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di kelas X jurusan Teknik Ketenagalistrikan-1 SMK Negeri 2 Pandeglang
References
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, Rosda Karya
Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Panduan bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah, Jakarta, Bumi Aksara
Ridwan A S, (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran dalam Impementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi,Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Sudjana, N. (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Tim Kurikulum. (201)8. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pandeglang
Yudhistira, D. (2012). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK, Jakarta: Grasindo.
Yuni Rahayu, 2014, Penggunaan Media Audio Visual dan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Biologi di kelas XI Peternakan SMK Banten Raya.
Hendri S M, Sudarman. (2009). .Pengaruh Prestasi Teori Terhadap Prestasi Praktik Siswa SMKN 1 Adiwerna Tegal Tentang Servis Rem, JURNAL PTM VOLUME 9, NO. 2
Handayani I. (2011). Pengaruh Intelligent Quoitent(IQ) dan Kemampuan Tilikan Ruang Terhadap Kemampuan Menggambar Teknik Siswa,Jurnal
Copyright (c) 2020 Ade Susianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.