Analisis Efikasi Diri Dan Respon Siswa Dalam Penggunaan Model E Learning Berbasis Google Classroom
Abstract
This study aims to: 1) analyze students' self-efficacy in using the e-learning model with the google classroom application on Civics Education subjects at SMPN 3 Cigemblong, 2) analyze student responses in e-learning with the google classroom application on PPKN subjects at SMPN 3 Cigemblong, and 3) analyzing students' self-efficacy and responses to the e-learning model based on google classroom on Civics education subjects at SMPN 3 Cigemblong. The method used in this study is a qualitative method with a phenomenological approach. The phenomenological approach relates to the understanding of students' daily life and the intersubjective world (world of life) in the learning process during a pandemic. The subjects of this study were class VIII students, principals and representatives of parents. while the source of data taken from the student element is as many as 22 students and the number of students at SMPN 3 Cigemblong is 215 students. During the study found three groups of respondents. 1) respondents with high efficacy with good responses during online learning, 2) respondents with medium efficacy with mediocre and stagnant responses, 3) respondents with low efficacy, with apathetic, indifferent and lazy responses to online learning tasks. Thus, the conclusion is, that e learning with Google Classroom there are still students who are unprepared and have not been able to adapt to Google Classroom learning, so that students' efficacy and responses fluctuate depending on the subjects they like, in terms of Civics education subjects as a whole almost most students have positive efficacy and response and only a small proportion have low efficacy and response in doing online assignments.
Keywords: self-efficacy, google classroom, civic education
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis efikasi diri siswa dalam penggunaan model e learning dengan aplikasi google classroom pada mata pelajaran PPKN di SMPN 3 Cigemblong, 2) menganalisis respon siswa dalam e learning dengan aplikasi google classroom pada mata pelajaran PPKN di SMPN 3 Cigemblong, dan 3) menganalisis efikasi diri dan respon siswa terhadap model e learning berbasis google classroom pada mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Cigemblong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi berhubungan dengan pemahaman tentang kehidupan keseharian dan dunia intersubjektif (dunia kehidupan) siswa dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VIII, kepala sekolah dan perwakilan orangtua. sedangkan sumber data yang diambil dari unsur siswa adalah sebanyak 22 orang siswa dan siswi dari jumlah siswa di SMPN 3 Cigemblong sebanyak 215 siswa. Selama penelitian ditemukan tiga kelompok responden. 1) responden dengan efikasi tinggi dengan respon yang baik selama belajar online, 2) responden dengan efikasi menengah dengan respon yang biasa saja dan stagnan, 3) responden dengan efikasi rendah, dengan respon apatis, acuh dan malas pada tugas belajar online. Dengan demikian kesimpulannya adalah, bahwa pembelajaran e learning dengan google classroom masih terdapat siswa dengan ketidaksiapan dan belum bisa menyesuaikan diri dengan pembelajaran google classroom, sehingga efikasi dan respon siswa bersifat fluktuatif tergantung dengan mata pelajaran yang mereka sukai, dalam hal mata pelajaran PPKn secara keseluruhan hampir sebagian besar siswa memiliki efikasi dan respon yang positif dan hanya sebagian kecil yang memiliki efikasi dan respon yang rendah dalam mengerjakan tugas online.
Kata kunci: efikasi diri, google classroom, PPKn
References
Alwisol. (2005). Psikologi Kepribadian. UMM Press.
Amir, M.T. 2015. Merancang Kuesioner (Konsep dan Panduan untuk P
enelitian Sikap, Kepribadian & Perilaku). Jakarta : Prenadamedia Group
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktek, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010), hlm. 198.
Bandura. A (1977) self efficaci: the exercise of control. New York: W.H Freeman and Company
Bandura. A. 1977. Social Learning Theory. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: UGM, 1996), h.55.
Elisabeth B.Hurloc, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Erlangga, 1991), h.185.
Husaini Usman, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000), hlm 54.
J. Moleong Lexy (2009), Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda Karya Bandung
Onong Uchjana Effendy, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, (Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003)
Santrock, W, J. 2015. Psikologi Pendidikan. jakarta. Kencana.
Schunk. D.H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Terjemahan oleh Eva Hamidah dan Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas
Adicondro & Purnamasari. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa kelas VIII. F. Jurnal Humanitas, 8 (1): 18-26
Aisyah, Panjaitan, R.G.P dkk,. 2016. Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (3): 1-12
Ally, M. (2004). Foundations of educational theory for online learning. In T. Anderson & F. Elloumi (Eds.), Theory and practice of online learning (pp. 3-31): Athabasca University
Christiana, R. (2018). Keefektifan Peer Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Dalam Menguasai Keterampilan Berbahasa Inggris (Vol. 3, Issue 22).
Ghufron, M.N., & Suminta, R.R. (2013). Efikasi diri & hasil belajar matematika: Metanalisis.
Buletin Psikologi UGM, 21(1), 20-30.
Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learnin Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).
Hasanudin, dkk. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bakinang. Jurnal Pendidikan Untuk Mu Negeri, vol. 2, no. 1:17-20.(http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/Pengabdia nUMRI/article/view/361/352)
Herman Dwi Surjono, Membangun Course E-Learning Berbasis Moodie (2010) Jogjakarta. UNY Press
Hermawan, Iwan (2020) E-Learning Berbasis Virtual classroom di Era Covid-1 Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Vol.1 No.1(2020) iwan.hermawan@staff.unsika.ac.id
I Kadek Suartama, S.Pd., M.Pd. (2014) E-LEARNING KONSEP DAN APLIKASINYA Denpasar. Univ Ganesha 2014
Iftakhar. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Jurnal of Education and Social Sciences, vol. 3, no. 1: 12-18
Kusuma,M.A. 2017. Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Berba Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X.Pontianak: Universitas Tanjungpura
Maharani, A.A.P., dan Widhiasih, L.K.S. 2016. Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru saat Pelajaran Bahasa Inggris di SD Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati. 5(2):88-92
Nasution, AH. (2020). pengaruh model pembelajaran berbasis e learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi ppkn di kelas XII.akuntansi SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2019-2020. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7 No 3 Tahun 2020 Hal. : 649-657 https://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Novitasari.D.I. 2017. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Siswa untuk Bertanya pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual classroom dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1 (1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977
Stefania Baptis Seto at al (2020). analisis efikasi diri dan hasil belajar berbasis e-learning pada mahasiswa program studi pendidikan matematika. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 1 – Nomor 2, Oktober 2020, 147-152
Suryani Lely (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E- Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Juli 2020. Vol.6, No.2 http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index
Susanto E, Thabiat. Pesan dan Respon Dalam Proses Komunikasi Pemasaran Kafe Melalui Instagram. Jurnal E-Komunikasi. 4(1):1-12.
Suseno, N. M. (2012). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi dan Sebagai Pelatih Pada Mahasiswa. Keentrian Agama Republik Indonesia.
Wahyu Arini. (2019) Respon Siswa Terhadap Alat Pirolisis Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan di SMP Musi Rawas. JURNAL THABIEA Vol. 02 No. 02 Tahun 2019
Wijayanti, Alvitri, dkk. 2015. Respon Petani Terhadap Inovasi Budidaya dan Pemanfaatan Sorgum di Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Jurnal Argo Ekonomi. 26(2): 179- 191.
Yazdi, M. (2014). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Mathematics, 2 (1)
Copyright (c) 2021 zaenal - wathon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.