Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Si Camar Jonathan Livingston Karya Richard Bach

  • Nanang Maulana Universitas Mathla'ul Anwar Banten
  • Saraswati Saraswati Universitas Mathla'ul Anwar
Keywords: Analisis, Novel, Nilai Moral

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pada kajian nilai-nilai moral dalam Novel Si Camar Jonathan Livingston Karya Richard Bach.Metode penelitian yang digunakan untuk menganaisis nilai-nilai moral dalam novel Si Camar Jonathan Livingston karya Richard Bach merupakan penelitian deskriptif.Kemudian, teknik yang digunakan adalah teknik analisis isi. Teknik penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karya seseorang, dengan cara mendeskripsikan dan menyimpulkan. Sintak dari teknik ini adalah (a) Membaca dan memahami karya sastra; (b) Melakukan identifikasi karya sastra; (c) Pengelompokkan atau klasifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai moral yang terdapat pada novel Si Camar Jonathan Livingston karya Richard Bachyang juga dijadikan sebagai sumber data pada penelitian ini.Permasalahan penelitian ini mengungkap nilai-nilai moral yang ada dalam novel.Hasilnya mengungkapkan, dalam novel ini pada akhirnya dapat diketahui bahwa nilai-nilai moral yang terkandung adalah nilai moral sabar, kerja keras, kasih sayang dan peduli.

References

Aminudin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.
Hadiwardoyo, P. 1990. Moral dan Masalahnya. Yogyakarta: Kanisius.
Nurgiyantoro, B. 2009.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjahmada University Press.
Suseno, F.G. 1987. Etika Dasar Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
Suwardi. E. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: MedPress.
Winataputra, dkk. 2001. Pedoman Umum Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Depdiknas.
Published
2019-04-01
How to Cite
Maulana, N., & Saraswati, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Si Camar Jonathan Livingston Karya Richard Bach. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 28-34. https://doi.org/10.30653/003.201951.65